MARKETING PR DAN MICE


Marketing Public Relations (MPR) merupakan proses perencanaan dan pengevaluasian program-program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi mengenai informasi yang dapat dipercaya dan melalui kesan-kesan yang menghubungkan perusahaan dan produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, perhatian dan kepentingan para konsumen. (Ruslan,2002:p.253)
Marketing Public Relations sebagai suatu proses perencanaan, pelakasanaan dan pengevaluasian program-program yang memungkinkan terjadinya pembelian dan pemuasan konsumen melalui komunikasi yang baik mengenai informasi dari perusahaan terhadap citra merek terhadap suatu produk tertentu. (Saka abadi,1994:p.46).
Definisi menurut Philip kotler mengatakan bahwa : ” Marketing Public Relations works because works it adds value to product through it’s unique ability to lend credibility to product message”
Marketing Public Relations diciptakan untuk menambah atau memberikan nilai bagi produk melalui kemampuan yang unik untuk menunjukkan kredibilitas pesan produk (Ruslan, 2002, p.254)


Dalam dekade terakhir, PR telah menjadi lebih ilmiah dari sekedar seni. Ia menjadi sebuah di siplin sophistik marketing dengan desain program yang di dasari oleh riset yang solit dan dapat menunjukan indikator keberhasilan.
IDENTIFYING SWOTs
Swot analysis
  1. Strategths (kekuatan) :punya terbaik
  2. Weaknesses (kelemahan) : keterbatasan
  3. Opportunities (peluang/kesempatan) :situasi dimana kekuatan perusahaan dalam faktor ekternal di upayakan untuk tangani propblem dalam perencanaan
  4. Threats (ancaman) : situasi yang dapat di buat kerugian bagi kemampuan perusahaan menngidentifikasi maslah
TUJUAN PEMASARAN
  • Memapaparkan kebijkan yang harus segera di jalankan untuk mencapai tujuan penjualan
  • Produk tidak hanya harus ada di toko, namun di tampilkan dan di buat elemen pengikut untuk peroleh keuntungan maksimal  


MICE di artikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan : usaha jasa kovensi,perjalanan insentif dan pameran merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan,usahawan,cebdikiawan dsb) untuk mrmbahas masalah-maslah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.
BENTUK MICE
1)      Meeting
Meeting adalah isilah bahasa inggris yang berarti rapat, pertemuan atau persidangan. Meeting merupakan satu kegiatan yang termasuk dalam MICE.
2)      Incentive
Adalah hadiah atau penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan, klien, atau konsumen.
3)      Conference
Adalah isilah yang memudahkan orang mengigatnya bahwa kegiatan-kegiatan yang di maksud sebagai peencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan sebuah meeting,incentive, conference dan exhibition hakekatnya merupakan merupakan sarana yang sekaligus adalah produk paket-paket wisata yang siap di pasarkan.
4)      Exhibition
Berarti pemeran, dalam kaitanya dengan industri pariwisata, pemeran termasuk dalam bisnis wisata konvensi.
 .

Komentar