PENULISAN NASKAH PRESS RELEASE
PENGERTIAN PRESS RELEASE
press release merupakan informasi/berita yang disebarluaskan oleh perusahaan kepada khalayak melalui media massa seperti koran, televisi, radio, atau situs online dengan tujuan tertentu. Pada umumnya, tujuan perusahaan/organisasi memberikan press release adalah untuk mendapatkan publisitas, promosi, branding, atau pencitraan. Seperti ketika perusahaan akan mengadakan suatu event/policy dan dirasa perlu untuk menyampaikannya kepada masyarakat luas, maka diperlukan sebuah press release.
Jika ditelaah lebih dalam, tujuan perusahaan/organisasi melakukan press release adalah untuk meningkatkan image perusahaan di mata masyarakat. Press release sangat dibutuhkan jika sebuah perusahaan membuka kantor baru atau kantor cabang baru, mempromosikan produk atau layanan baru, mengadakan perjanjian kerjasama dengan perusahaan/instansi lain, penerbitan laporan keuangan perusahaan (biasanya pada perusahaan go public/terbuka), melakukan merger dan akuisisi, serta hal-hal yang bersangkutan dengan kinerja perusahaan lainnya.
Pada umumnya, sistematika penulisan semua jenis press release cenderung terlihat sama saja. Perbedaannya hanya terdapat pada jenis informasi yang disampaikan perusahaan, seperti:
Basic Press Release. Yaitu siaran pers yang menyajikan berbagai macam informasi internal perusahaan/organisasi yang harus dipublikasikan.
Basic Press Release. Yaitu siaran pers yang menyajikan berbagai macam informasi internal perusahaan/organisasi yang harus dipublikasikan.
Financial Release. Tujuan perusahaan/organisasi melakukan financial release adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan relasi dan pemegang saham. TEKNIK PENULISAN NASKAH PR
TEKNIK PENULISAN NASKAH PRESS RELEASE
1. Pikirkan dan cari intisari (pesan dasar)
Sebelum kamu mulai menyusun naskah press release, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah memikirkan dan menentukan intisari dari informasi yang akan kamu sampaikan melalui release tersebut kepada masyarakat. Dengan kata lain, kamu harus menentukan tema press release kamu terlebih dahulu. Jika kamu sudah menentukan tema, maka tema tersebut dapat kamu jadikan judul untuk press release.
Lalu bagaimana cara menentukan judul/sub judul yang menarik? Kamu tidak perlu khawatir. Setiap manusia diberikan akal dan pikiran yang dapat berpikir kreatif. Salah satu teknik dalam menentukan judul/subjudul yang menarik adalah dengan memantau trend saat ini dan menggunakannya sebagai promotor judul kamu. Misalnya, saat ini mainan Fidget Spinner sangat populer di kalangan masyarakat. Jadi kamu dapat menyematkan trend tersebut pada judul/subjudul kamu. Namun, pastikan trend tersebut serumpun dengan tema release kamu.
2. Gunakan metode piramida terbalik
Setelah kamu berhasil menentukan tema, judul, dan subjudul (jika diperlukan), maka tahap selanjutnya adalah teknik penulisan press release dengan metode piramida terbalik. Mungkin kamu sudah tidak awam lagi dengan kata-kata piramida terbalik ini. Ya, seperti penulisan artikel feature, kamu juga menggunakan metode piramida terbalik. Tak hanya sebatas artikel feature saja, beberapa jenis tulisan lainnya juga menggunakan metode ini seperti penulisan proposal kerjasama, penelitian, dan lain sebagainya.
3. Gunakan unsur 5W+1H
Dalam menulis berita, unsur 5W+1H sangat bermanfaat dalam menyampaikan informasi dengan tepat dan benar. Unsur 5W+1H merupakan patokan dasar dalam menyusun news lead pada press release kamu. Dengan menggunakannya, kamu sudah berhasil menyampaikan garis besar atas informasi tersebut. Untuk mengingat kembali, berikut yang disebut dengan unsur 5W+1H
- What (Apa). Yaitu informasi apa yang akan kamu sampaikan.
- When (Kapan). Kapan kegiatan tersebut berlangsung
- Who (Siapa). Siapa yang mengadakan kegiatan tersebut
- Where (Di Mana). Di mana kegiatan tersebut dilaksanakan.
- Why (Kenapa). Kenapa kegiatan tersebut dilaksanakan.
- How (Bagaimana). Bagaimana detail kegiatan yang dilaksanakan.
4. Gunakan ilustrasi yang menarik
Penggunaan ilustrasi yang menarik pada press release bertujuan untuk meningkatkan rasa keingintahuan pembaca atas release kamu. Dengan menggunakan gambar ilustrasi yang menarik secara tidak langsung memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi press release kamu.
5. Lakukan pengecekan ulang, konfirmasi, dan pengiriman
Pengecekan ulang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi typo (salah ketik) pada release kamu. Misalnya, kamu salah mengetik nama tokoh (baik itu nama utama ataupun gelar), salah mengetik tanggal kegiatan, data dan lain sebagainya. Lakukanlah pengecekan pada seluruh bagian press release. Selain itu, pastikan pula kamu telah mencantumkan contact person dengan tujuan agar media dapat menghubungi kamu sewaktu-waktu bila terdapat beberapa hal yang ingin dikonfirmasikan.
Setelah draft press release disusun, kamu harus memohon konfirmasi kepada atasan agar release mendapatkan persetujuan. Namun akan lebih baik bila kamu mendapatkan konfirmasi langsung dari top management. Kemudian release sudah siap untuk dikirimkan kepada media. Kamu dapat mengirimkannya melalui email.
Penting pula untuk kamu ketahui, pada umumnya media memiliki deadline nya masing-masing untuk menerima kiriman press release yang berkisar antara pukul 15.00 s.d. 17.00 WIB. Ada baiknya kamu mengirimkan press release lebih awal, karena semakin cepat kamu mengirim press release, semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan coverage pemberitaan yang tinggi. Setelah media mengkonfirmasi penerbitan press release, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada mereka.
Komentar
Posting Komentar