OPINI PUBLIC


Opini publik adalah pendapat kelompok masyarakat atau sitetis dari pendapat dan diperoleh dari suatu diskusi sosial dari pihak-pihak yang memiliki kaitan kepentingan. agregat dari sikap dan kepercayaan ini biasanya dianut olehpopulasi orang dewasa
Dalam menentukan opini publik, yang dihitung bukanlah jumlah mayoritasnya (numerical majority) namun mayoritas yang efektif (effective majority).Subyek opini publik adalah masalah baru yang kontroversial di mana unsur-unsur opini publik adalah: pernyataan yang kontroversial, mengenai suatu hal yang bertentangan, dan reaksi pertama/gagasan baru.
Pendekatan prinsip terhadap kajian opini publik dapat dibagi menjadi 4 kategori:
  1. pengukuran kuantitatif terhadap distribusi opini.
  2. penelitian terhadap hubungan internal antara opini individu yang membentuk opini publik pada suatu permasalahan
  3. deskripsi tentang atau analisis terhadap peran publik dari opini publik
  4. kajian baik terhadap mediakomunikasi yang memunculkan gagasan yang menjadi dasar opini maupun terhadap penggunaan media oleh pelaku propaganda dan manipulasi

Ciri-Ciri Opini Publik

  • Ada isi, arah, dan intensitas tentang opini publik, ciri ini berkaitan opini publik terhadap tokoh politik partai dan pemimpin-pemimpin yang menduduki jabatan publik
  • Kontroversi menandai opini publik; artinya sesuatu yang tidak disetujui semua rakyat
  • Opini publik memiliki volume berdasarkan kenyataaan bahwa kontroversi ini menyentuh semua orang yang merasakan konsekuensi langsung dan tidak langsung.
  • kita tidak dapat mengatakan seberapa lama opini publik itu, tetapi opini publik yang menghasilkan kontroversi sering bertahan lebih lama, seperti dalam kampanye pemilihan umum dan lain sebagainya.

Karakteristik Opini Publik

Opini publik menjadi wakil kesepakatan yang diawali dengan sikap orang-orang tentang isu yang masih menjadi tanda tanya. Menurut Seitel dalam Soemirat dan Ardianto (2004) menerangkan bahwa sikap didasarkan pada jumlah karakteristik,

Komentar